Ramuan untuk Sakit Panas (Dadap Serep & Kembang Sepatu)


Bahan :

  • Daun dadap serep                            secukupnya atau
  • Daun kembang sepatu segar             secukupnya
  • Jeruk Nipis                                      secukupnya

       
kembang sepatu
dadap serep
Cara Pembuatan :

  1. Daun dadap serep segar dimasukkan ke dalam air yang telah diberi perasan jeruk nipis. Kemudian di remas-remas dan ditempelkan ke kepala anak. Bila kering diganti yang baru sampai panas turun atau
  2. Daun kembang sepatu segar dilumatkan dengan air sedikit kemudian dilumurkan ke seluruh badan.

PERHATIAN :
  1. Segera berikan ramuan penurun panas untuk anak yang panas (demam), baik penyebabnya diketahui ataupun yang belum diketahui. Setelah 3 hari anak masih panas, atau disertai gejala (tanda) lain seperti bintik-bintik merah, batuk terus menerus segera bawa ke Puskesmas/ Puskesmas pembantu/ Petugas kesehatan yang terdekat.
  2. Bila panas tinggi, anak jangan dihangatkan dengan selimut, atau memakai baju tebal, cukup ditutup dengan sehelai kain.
  3. Usahakan kamar tidak pengap dan panas, buka semua jendela bila udara panas.
  4. kompres badan anak terutama di kepala, ketiak, lipat paha dan perut dengan ramuan-ramuan di atas atau dengan menggunakan air dingin.
  5. Selama sakit berikan banyak minum, sari buah-buahan dan makanan bergizi. Berikanlah makanan seperti biasa, sesuai umur anak, tetapi dibuat yang lebih lunak sehingga mudah dicerna. Teruskan memberi ASI terutama untuk anak yang masih menyusu.
  6. Apabila panas disertai dengan keluhan lain, maka berikan juga ramuan untuk keluhan tersebut. Misalnya : Panas + Batuk Pilek. Berikan ramuan panas dan ramuan batuk pilek.
  7. Untuk mempercepat turunnya panas yang tinggi , walaupun telah minum obat dari puskesmas/ dokter, dapat juga dikombinasikan dengan kompres, ramuan-ramuan tersebut di atas.

2 komentar:

  1. trimaksih atas pencerahan mengenai obat turun panas herbal" untuk kompres,...jika di minum air rebusan bisa nggak ya?

    BalasHapus
  2. semoga ibu2 menanam tanaman ini, karena mudah hidup ditanah,yg tidak bagus pun hidup'

    BalasHapus